in

5 Lagu yang Terinspirasi dari Aksi Kejahatan

GeMusik – Banyak hal yang bisa diambil sebagai tema lagu yang dituangkan dalam musik dan lirik. Mulai kisah percintaan, kondisi sosial bahkan religi kerap dijadikan sarana bagi pencipta lagu atau musisi sebagai sumber inspirasi.

Namun, bertolak belakang dari tema pasa umumnya, sejumlah lagu ini inspirasinya diambil dari aksi kejahatan yang merugikan banyak korban.

Meski temanya mengambil hal yang tak anti mainstream, namun para pencipta lagu ini tetap mengemasnya dengan gaya yang elegan dan baik, sehingga siapapun yang mendengarnya pasti tidak akan percaya. Berikut 5 lagu yang terinspirasi dari aksi kejahatan:

1. Nebraska – Bruce Spirngteen

Nebraska merupakan salah satu lagu dari album keenam Springteen yang mengusung musik menakjubkan. Bahkan sejumlah pihak menilai, album yang memuat lagu itu merupakan terbaik yang pernah dibuat oleh musisi tersebut.

Akan tetapi siapa sangka jika ‘Nebraska’ diambil dari kisah pembunuhan yang dilakukan oleh remaja berusia belasan tahun. Remaja bernama Starkweather berusia 19 tahun bersama kekasihnya yang berusia 14 tahun melakukan berbagai tindak pembunuhan di Wyoming dan Nebraskan pada tahun 1950-an.

Lagu yang diambil dari hanya satu sisi Starkweather ini memang terkesan kurang simpatik.

2. Anne Christian – Prince

Lagu yang dibawakan oleh Prince ini memang agak kontroversial dari segi musikalitasnya. Nada yang diumbar seperti layaknya bentuk perlawanan terhadap kemapanan dalam bermusik.

Namun siapa sangka ‘Anne Christian’ dari Prince ini mengambil tema tentang konspirasi pembunuhan berbagai orang ternama mulai dari Ronald Reagan hingga John Lennon. Referensi tentang kejahatan itu dikombinasi dengan nada acak, seolah menunjukkan bagaimana kondisi manusia dan ideologinya pada sekitar tahun 1980-an.

3. 

3. Have You See Richard Reynolds – Alabama 3

Lagu yang judulnya panjang ini berkisah tentang perampokan kereta pada tahun 1963 yang dilakukan oleh seseorang bernama Richard Reynolds dan menjadi aksi perampokan terbesar pada tahun itu.

Awalnya lagu ini dibawakan oleh Nigel Denver sebelum dinyanyikan ulang oleh Alabama 3. Keputusan para band itu membawakan ulang ‘Have You See Richard Reynolds’ dikarenakan salah satu personelnya adalah anak dari perampok ternama itu.

4. I Dont Like Monday – The Boomtown Rats

Sekilas judul lagu itu mirip seperti perlawanan para remaja dan pekerja yang memang jenuh ketika mendengar kata “Senin”. Bahkan, lagu ini juga sempat populer karena menghadirkan musik yang catchy.

Tapi siapa sangka, inspirasi membuat lagu ini berasal dari kisah pembunuhan sadis di Grover Cleveland Elementrary School, San Diego, California pada tahun pada tahun 1979.

Wanita bernama Breda Ann Spencer tanpa sebab tiba-tiba melepaskan tembakan di areal taman lokasi sekolah itu. Aksinya membuat dua orang meninggal dan beberapa anak kecil terluka parah. Ketika ditanya apa penyebab dia melakukan aksi keji itu Breda Ann Spencer menjawab bahwa ia tidak suka dengan hari Senin (I Dont Like Monday).

5. August 7, 4:15 – Bon Jovi

Siapa yang tak kenal dengan Bon Jovi. Ya band ini sudah malang melintang di industri musik dunia dengan lagu-lagu hits andalan mereka.

Lagu berjudul ‘August 7, 4:15’ ini terinspirasi dari kisah pembunuhan Katherine Korzilius, putri manager tur band Bon Jovi  yang hingga kini menjadi misteri.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

144 points
Upvote Downvote