in

Ini Bahaya Kalau Keseringan Dengar Lagu Galau

GeMusik – Sebuah penelitian terbaru, menyebut jika kerap mendengarkan lagu dengan irama dan lirik sedih dapat berakibat fatal hingga berujung pada kematian.

Mungkin, sebagian besar masih ingat bagaimana kisah lagu “Gloomy Sunday” yang terkenal dengan kisah menyeramkannya. Berbagai literasi menyebut lagu bernada dan berlirik sendu itu menyebabkan banyak orang bunuh diri setelah mendengarkannya. 

Alasannya, bukan soal mistis atau ilmu hitam, melainkan materi yang dimuat dalam lagu itu mampu membuat kondisi psikologis dan suasana kebatinan bisa menjadi drop.

Tulisan ini bukan untuk mendiskreditkan tentang lagu bernada dan berlirik sendu yang mampu menyebabkan kegalauan. Namun, sebagai referensi bagaimana lagu sendu bisa berbahaya bagi kondisi mental dan sosial.

Diawali dari penelitian para ilmuwan Finlandia yang sangat tertarik dengan hubungan antara efek musik dikaitkan dengan kondisi otak manusia. Hasil enelitian selama beberapa dekade itu menunjukkan bahwa emosi dapat diatur secara efektif dengan penggunaan musik dalam terapi.

Sebuah studi tahun 2015 ingin lebih memahami jika mendengarkan musik bisa bermanfaat dan juga memiliki dampak negatif. Hasil penelitian para peneliti Finlandia menghasilkan klausa sederhana: ‘mendengarkan musik sedih setiap saatdapat memiliki efek negatif dan berdampak pada esehatan mental.

Penelitian dengan metode wawancara dan tes laboratoriun dengan meneliti berbagai subjek hingga melakukan tes MRI gun mengetahui area otak mana yang aktif pada saat seseorang mendengarkan musik itu menghasilkan musik galau dapat melemahkan mental.

Begitu pula sebuah studi serupa namun secara khusus fokus pada lirik lagu. Para peneliti dari Inggris membandingkan reaksi subyek dengan musik bahagia dengan musik sedih, dengan dan tanpa lirik.

Temuan mereka, cukup sederhana: Musik dengan nada bahagia membuat orang bahagia, dan musik yang menyedihkan membuat orang sedih. Tapi musik yang bahagia dengan lirik yang bahagia membuat orang semakin bahagia, dan musik sedih dengan lirik sedih membuat orang semakin sedih dan terlena.

Alasannya begini, mendengarkan musik galau berdasarkan penelitian dapat menaikkan hormon kortisol pada tubuh secara ekstrim. Hormon kortisol sendiri adalah hormon yang mengatur terjadinya stress pada tubuh kita, dan apabila kadarnya melebihi angka normal maka akan berakibat kematian pada sel-sel tubuh.

Tentu ini adalah hal yang harus dihindari, apalagi hormon itu juga berpengaruh terhadap Telomer yaitu bagian sel yang menunjukkan tua atau tidaknya pada sel. Jika pada penggunaan telomer terlalu berlebihan, maka dipastikan seseorang bisa cepat tua atau bahkan dapat beresiko meninggal dunia karena kehabisan Telomer tersebut.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

144 points
Upvote Downvote